16 Juli 2008

Foto Zaskia Mecca Merokok

Jika ada artis muda, cantik dan menjadi simbol remaja sholeha, tentu semua orang sepakat menunjuk artis cantik Zaskia Mecca. Dengan jilbab yang anggun, Zaskia konsisten dan berusaha menjalankan kewajiban agamanya. Artis pemain dalam film Munajah Cinta dan film Ayat-Ayat Cinta ini adalah sosok wanita Muslimah anggun yang bertahan hidup di dalam dunia hedonisme keartisan.

Tapi kabar tak sedap menimpa Zaskia minggu ini. Foto Zaskia sedang merokok beredar dengan kencangnya di internet dan menjadi gosip paling hot di beberapa acara infotainment di tanah air. Zaskia Mecca Merokok, tentu mengagetkan banyak orang. Jutaan penonton dan ribuan penggemar tentu akan kecewa. Walaupun terkesan tidak adil, tetapi kenyataan vonis jelek berlaku di masyarakat bagi wanita-wanita yang terlihat merokok di depan umum.

Vonis yang tidak absah ini, terjadi begitu saja di masyarakat. Walaupun secara sadar, kita tahu tidak ada hubungan antara merokok dengan moralitas manusia tetapi vonis bersalah selalu akan tampak di mata orang jika melihat seorang wanita merokok. Apa lagi jika yang merokok itu adalah seorang wanita berjilbab.

Di dalam foto tersebut, tampak seorang wanita memakai jilbab warna biru mirip Zaskia Mecca sedang merokok dan diapit oleh dua pria yang juga mirip dengan sutradara Hanung Bramantyo dan artis sinetron Baim Wong.

Merokok, bagi sebagian orang adalah refreksi keinginan untuk menurunkan kadar emosi. Beberapa orang lain menjadi rileks setelah mengisap sebatang atau dua batang rokok. Barangkali demikian juga keadaan Zaskia. Bagaimanapun Zaskia tentu manusia normal, punya rasa punya hati. Seistimewa apapun citra yang melekat di dirinya, Zaskia tentu seperti manusia lainnya akan berusaha mencari cara-cara menyalurkan kekesalan atau kepenetan hidupnya.

Rokok hanyalah sebuah benda berapi dan berasap. Kebanyakan pria mengisapnya sebagai simbol kejantanan, sebagian lagi mengisapnya sebagai simbol pergaulan. Merokok di Indonesia terlanjur di letakkan di wilayah laki-laki. Merokok tidak untuk wanita. Maka ketika seorang wanita terlihat merokok maka dampak sosial yang harus dia tanggung serasa lebih besar dari pada dampak biologi nya - http://asmara-pengasihan.blogspot.com

Ambivalensi, ciri masyarakat yang tidak sehat.

Tidak ada komentar: